Amnesti Pajak Bagian 2: Apa keuntungan Amnesti Pajak?

Program amnesti pajak atau pengampunan pajak memiliki banyak keuntungan, baik bagi para wajib pajak, maupun bagi negara. Dalam Program ini, wajib pajak akan mendapatkan penghapusan pajak yang seharusnya terhutang, dan negara akan mendapatkan keuntungan dari penerimaan dana-dana baru, baik dari luar negeri maupun dalam negeri.
Apabila semua ketentuan formal telah terpenuhi maka, menurut Pasal 11(5) UU Pengampunan Pajak, Wajib Pajak yangtelah memperoleh fasilitas pengampunan pajak dapat memperoleh
  1. Penghapusan pajak terutang yang belum diterbitkan atas kewajiban PPh dan PPN
  2. Penghapusan sanksi administrasi dan sanksi pidana perpajakan
  3. Tidak dilakukan pemeriksaan serta penyidikan setelah membayar uang tebusan.
Ditjen Pajak Ken Dwijugiasteadi juga memperjelas keuntungan amnesti pajak di mana jaminan rahasia data setiap wajib pajak. Ken mengatakan bahwa ekamanan data terjamin karena penggunaan sistem barcode di setiap data amnesti pajak.
Bukan hanya keuntungan, dalam sosialisasi ini juga diberitahukan kerugian bagi masyarakat yang tidak mengikuti amnesti pajak. Mengutip dari UU No. 11 Tahun 2016, para wajib pajak yang belum menyelesaikan kewajibannya tapi tidak mengikuti program amnesti pajak akan dikenakan sanksi sebesar 200 persen.

Selain itu, dalam undang-undang ini juga dijelaskan bahwa wajib pajak yang tidak memanfaatkan tax amnesty, harta yang belum dilaporkan dianggap sebagai penghasilan, dikenai pajak, dan ditambah sanksi sesuai Undang-Undang Perpajakan.

Tax Amnesty Bagian 3: Pengungkapan Harta

Peraturan terkait:

UU No. 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak
SE-30/PJ/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengampunan Pajak
PMK No. 118/PMK.03/2016 tentang Pelaksaan UU No. 11 Th 2016
PMK No. 119/PMK.03/2016 tentang Tata Cara Pengalihan Harta Wajib Pajak ke Dalam NKRI
Peraturan DJP No. PER-07/PJ/2016 tentang Dokumen dan Pediman Teknis Pengisian Dokumen
Peraturan Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X