Membuat Bluetooth Speaker Kayu

Dalam panduan tutorial kali ini kita akan membahas mengenai membuat Bluetooth Speaker dari kayu. Saya akan merekomendasikan proyek ini untuk bagi teman-teman yang tertarik dengan DIY dan ingin membuat bluetooth speaker sendiri. Sedikit keterampilan tentang woodworking dan pengalaman solder akan diperlukan. Berkenaan dengan kompleksitas pembuatan speaker ini, saya akan mengatakan bahwa ini lebih mudah daripada yang terlihat. Penting untuk memiliki desain yang jelas sebelum Anda mulai membuatnya.

  1. Baca Juga: Tutorial Membuat LED Sound Reactive

Mari kita mulai langkah-langkah dalam membuat bluetooth speaker!

  1. Baca Juga: Tutorial Mengubah LCD Bekas Menjadi Layar Monitor
  2. Baca Juga: Tutorial Merakit Cooling Pad dari Barang Bekas

Langkah 1: Deskripsi dan istilah kunci

Apa itu speaker Bluetooth?

Bluetooth Speaker adalah sebuah speaker yang dapat memainkan audio melalui perangkat mobile Anda tanpa menggunakan kabel, namun menggunakan perangkat bluetooth. Jadi Anda dapat menempatkan speaker Anda di ruang tamu dan pilih lagu yang Anda inginkan dari dapur dll, melalui telepon. Yang akan kita buat kali ini sangat mirip dengan Speaker Bluetooth Engine Audio B2, seharga Rp 5-jutaan.

Gambar Speaker Bluetooth Engine Audio B2

Anda bisa membuat speaker DIY ini dengan harga dibawah Rp 500ribu tergantung pada speaker apa dan kayu yang Anda gunakan, dan biaya pengiriman. Perhitungan ini lebih banyak karena jumlah trial and error sampai memperoleh hasil yang benar, tapi pengalaman penulis, berarti dengan panduan ini Anda bisa melewatkan bagian itu dan menghemat biaya. Saya harus mengatakan, benar, speaker ini terdengar besar. Saya lebih suka suara speaker ini karena kinerja jauh lebih baik dari pada produk yang dijual lebih mahal.

Bagaimana Speaker Bluetooth bekerja?

Speaker biasa bekerja dengan mengambil sinyal melalui jack headphone dari telepon, CD player, radio dll, dan memperbesar sinyal tersebut melalui amplifier, dan memainkannya melalui speaker. Dalam sistem Bluetooth, sinyal awal ini ditularkan secara nirkabel dengan telepon Anda, dan diterima oleh penerima Bluetooth yang melewati sinyal ke amplifier yang menguatkan sinyal. Sinyal diperkuat ini kemudian diputar melalui speaker. Oleh karena itu, sebuah speaker Bluetooth akan membutuhkan Modul Bluetooth, Amplifier, dan driver speaker.

istilah kunci

Bluetooth – Sebuah teknologi transfer data nirkabel

receiver papan Bluetooth – Sebuah papan sirkuit yang menggunakan teknologi Bluetooth untuk menerima sinyal dari ponsel Anda. Kita akan menyebut alat ini sebagai modul Bluetooth, Bluetooth Receiver, atau papan Bluetooth.

Speaker – Sebuah perangkat audio

Speaker Driver – Komponen dari speaker yang benar-benar bergerak dan membuat suara.

Amplifier – Sebuah perangkat yang memproses sinyal listrik lemah menjadi menjadi lebih kuat yang dapat dikonversi terdengar melalui speaker.

Papan Amplifier – Sebuah papan sirkuit dari sebuah amplifier, kita akan menyebutnya modul penguat atau papan amplifier.

Langkah 2: Merancang Speaker

Langkah ini sama pentingnya dengan membuat speaker itu sendiri. Sebuah desain yang jelas dan visi dari apa yang Anda kita bangun akan mengurangi kemungkinan tersandung dan membuat kesalahan dalam proses pembuatannya. Di sini saya akan mencoba dan menjelaskan proses merancang speaker Anda sendiri.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika merancang

Seberapa banyak dana yang dapat Anda anggarkan untuk membuat speaker.

Apakah Anda lebih mementingkan penampilan atau performa suaranya.

Seberapa besar ukuran speaker yang anda inginkan.

Seberapa cepat Anda ingin menyelesaikannya.

Desain

Baca Juga: Tutorial Membuat Proyektor untuk Handphone

1. Putuskan apa bahan utama yang ingin Anda gunakan.

Saya menyarankan menggunakan bahan kayu. Anda bisa bereksperimen dengan apa pun yang Anda miliki, dan jika Anda berani, Anda bisa menggunakan kayu tua. Untuk pilihan terbaik dalam hal kualitas audio, MDF atau chipboard dapat menghasilkan suara paling netral. Jika Anda memilih untuk menggunakan MDF namun tetap ingin tampilan kayu, Anda dapat melakukan veneer.

2. Tentukan ukuran yang Anda inginkan, tentukan dimensi yang tepat dari bahan sesuai.
3. Sketsa rencana Anda.

Saya menggunakan Google Sketchup untuk membantu saya merancang, dan itu super membantu. Ini adalah perangkat lunak bebas, dan Anda dapat menjadi sangat mahir dalam waktu kurang dari satu hari.

4. Tentukan finishing yang Anda inginkan pada produk akhir Anda

Pastikan Anda melakukannya dengan tepat, sehingga Anda dapat menjadikan speaker Anda sebagai pajangan ketika tidak digunakan.

5. Putuskan apa driver speaker yang ingin Anda gunakan.

Anda bisa browsing di www.parts-express.com untuk mendapatkan ide driver speaker apa yang dapat Anda gunakan, dan membaca ulasan dari pembeli untuk melihat speaker apa yang Anda inginkan. Saya pribadi merekomendasikan driver Dayton Speaker. Saya juga merekomendasikan kit loudspeaker dan Wagner Electronics sebagai situs yang baik untuk berbelanja driver speaker.

6. Pilih Amplifier Yang Sesuai dan modul Bluetooth

Saya sarankan agar Anda menggunakan papan amplifier seperti yang saya, dan kebanyakan orang lain gunakan ketika membuat speaker, papan sirkuit yang akan memberikan power pada speaker Anda, dan dengan biaya yang murah karena kita rakit sendiri. Coba dan temukanlah sebuah papan yang akan memenuhi kebutuhan daya speaker driver ini. Ingat bahwa lebih baik under-powering speaker Anda daripada over-power driver speaker anda. Misalnya, speaker saya digunakan adalah 30 watt Max masing-masing, dan saya menggunakan watt amplifier 20 stereo (yang menyediakan 20 watt untuk setiap speaker). Saya menggunakan driver yang sangat efisien, dan oleh karena itu speaker Bluetooth menghasilkan banyak volume.

Cobalah untuk mendapatkan Modul Bluetooth Receiver yang baik, versi terbaru dari Bluetooth yang cukup baik, Bluetooth receiver yang buruk akan mempengaruhi kualitas suara. Saya telah melihat beberapa papan amplifier yang memiliki inbuilt Bluetooth, yang akan menjadi investasi yang berharga, dan akan membuat perakitan menjadi lebih mudah.

Langkah 3: Persiapan


Alat yang akan Anda butuhkan

  1. Gergaji (Mitre Saw) – Anda dapat mencoba metode lain untuk memotong bahan
  2. Bor listrik dengan berbagai bor
  3. Bit Spade – Untuk memotong lubang untuk tombol volume.
  4. Solder – Untuk menyambungkan kabel
  5. Opsional – sander

Bahan yang akan Anda butuhkan

  1. Kayu
  2. Lem kayu
  3. Noda
  4. Varnish atau finish lain yang ingin Anda gunakan
  5. Amplas 240 grit, dan 600 grit
  6. kawat speaker
  7. 60/40 solder

Bagian yang akan Anda butuhkan

  1. 2 Speaker Driver
  2. Papan amplifier
  3. Modul penerima Bluetooth
  4. Panel DC untuk input
  5. 10K ohm potensiometer logaritmik
  6. Panel Mount 12 V kabel LED
  7. Panel socket auxiliary 3.5mm
  8. Kuningan pelat Engraving
  9. berbagai sekrup
  10. logam braket

Langkah 4: Membuat rangka kayu (Woodworking)

Baca juga berbagai macam panduan & tutorial disini
Baca panduan woodworking lengkap disini

Ide Dasar

  1. Kotak speaker terbuat dari kayu 8 buah.
  2. Bagian atas dan bawah – 2 buah
  3. Sisi samping- 2 buah
  4. Bagian depan dan belakang – 2 buah
  5. Dukungan internal 2 buah

Potongan-potongan ini diperlukan untuk menahan struktur bersama-sama dan untuk mempercepat depan dan kembali ke frame kotak.

Anda dapat menyesuaikan ukurannya sesuai keinginan anda, untuk lebih jelasnya tentang perakitan kayu tersebut anda bisa melihatnya pada gambar.

Bagian atas dan bawah dan sisi telah mitered tepi untuk sendi mulus dalam produk akhir, jika Anda menggunakan MDF dan berencana untuk veneer itu, Anda dapat menggunakan sendi karena sendi tidak akan terlihat.

Langkah-langkah

  1. Potong kayu sesuai ukuran
  2. Selanjutnya potong lubang untuk speaker dan tombol volume
  3. Potong ruang lain untuk pelat instrumen di belakang
  4. Lem sisi atas dan bawah dan bersama-sama menggunakan klem
  5. Setelah frame terpaku, lem dukungan internal yang
  6. Pasang depan dengan lem, tetapi tidak untuk bagian belakang. bagian belakang akan dipasang terakhir.
  7. Isi setiap pori-pori, celah dan lubang Knot dengan wood filler
  8. Amplas setiap bagian yang akan dilihat, pertama dengan 240 grit amplas, dan kemudian 600 grit amplas, selalu gunakan gandum.
  9. Cat sepotong kayu bekas untuk mendapatkan ide bagaimana pewarnaan yang sempurna. Cat di luar kotak yang akan terlihat ketika speaker selesai.
  10. Langkah terakhir pastikan anda bersabar karena ini adalah tampilan akhir dari speaker Anda.

Langkah 5: Kabel/Wiring

Gambar-gambar

Ini adalah langkah di mana speaker akan menghasilkan suara. Jika Anda terus sederhana dan terorganisir, langkah ini akan mudah. Ini adalah langkah favorit saya, karena melibatkan solder. Melibatkan soldering-soldering.

Selanjutnya adalah tentang kabel, kabel akan dibagi menjadi dua langkah:

  1. Kabel listrik – bagaimana sirkuit kabel untuk input daya.
  2. Kabel audio – bagaimana sirkuit kabel untuk audio.

Diagram pengkabelan berikut akan membantu, di samping itu, baca petunjuk ini untuk memasang speaker.

Sebelum kita melanjutkan ke dalam ranah kabel dan solder, ingat bahwa kunci keberhasilan di sini adalah untuk menjaga menguji seluruh sistem bahwa speaker tetap berfungsi dengan baik, coba mainkan lagu favorit Anda, periksa apakah mereka terdengar sempurna. Setelah semua hal tersebut anda lakukan, speaker anda belum selesai, langkah tersebut hanya memastikan bahwa speaker anda berfungsi!

Menempatkan speaker

Pertama, Anda harus meletakkan speaker ke kotak. Tempatkan kabel speaker ke terminal positif dan negatif dari speaker dan solder mereka di tempat tersebut. Saya sarankan agar Anda menggunakan pengaman untuk melindungi terminal, tapi ini adalah opsional. Buat catatan kawat mana yang terhubung ke terminal negatif speaker dan mana yang terhubung ke terminal positif dari speaker.

Tempatkan speaker kelubang di dalam kotak, dan sesuaikan speaker Anda sesuai yang anda inginkan. Tandai dimana lubang dan lubangi dengan bor. Ganti dengan speaker dan sekrup. Sekarang kabel harus berada di dalam kotak.

Kabel listrik

Gunakan diagram kabel untuk membantu Anda. Sederhananya, kutub positif dari soket input daya harus disambungkan ke led positif, kutub positif dari Amplifier dan kutub positif dari papan Bluetooth receiver. Kemudian, kutub negatif dari soket listrik sambungkan ke led negatif, kutub negatif dari amplifier, dan kutub negatif dari modul Bluetooth receiver.

Kabel Audio

Sekali lagi, diagram kabel akan membantu Anda dalam langkah ini. Ada tiga kabel pada stereo set up seperti ini, positif, positif, saluran kiri positif dan saluran kanan positif. Saya menambahkan auxiliary input di speaker saya, dan saya menyarankan Anda juga melakukan hal yang sama, karena Anda hanya dapat menyambungkan sumber lain melalui masukan ini atau hanya cukup terhubung ke ponsel Anda melalui kabel aux ketika Bluetooth tidak tersedia. Saya benar-benar menggunakan masukan ini lebih dari Bluetooth. Anda dapat melepas input auxiliary jika Anda ingin Anda speaker menjadi Bluetooth.

Jadi Auxiliary input adalah soket tambahan dalam bentuk 3,5 mm socket (seperti soket headphone di telepon). Tiga kabel (kiri, kanan, dan ground) yang dijalankan dari modul Bluetooth, yang juga menerima auxiliary input. Bluetooth Module baik menggunakan sinyal tambahan dari input ini atau memproses sinyal audio Bluetooth dari ponsel Anda, dan mengirimkannya ke amplifier. Oleh karena itu, Anda harus menjalankan tiga kabel (kiri, kanan, dan tanah), dari output dari papan Bluetooth untuk input auxiliary dari papan amplifier. Seperti yang ditunjukkan dalam diagram. Amplifier memiliki empat output, positif dan negatif untuk speaker kanan, dan positif dan negatif untuk speaker kiri. Kabel output positif kiri amplifier ke terminal positif dari speaker kiri, dan output kiri negatif dari amplifier ke terminal negatif dari speaker kiri. Ulangi untuk speaker kanan. Untuk lebih jelasnya lihat pada diagram kabel audio.

Kabel Volume

membuat bluetooth speaker

Kontrol volume tertentu tidaklah cukup panjang pada kotak saya, oleh karena itu saya membeli potensiometer (variabel resistor), memotong kabel potensiometer, dan disolder. Kemudian saya pasangkan pada braket logam yang bisa diperbaiki dalam kotak kayu. Saya bor lubang untuk poros potensiometer, di dalam lubang untuk tombol volume (lihat gambar), dan tertempel potensiometer ke tempatnya.

Kemudian saya menghubungkan kabel dari potensiometer ke papan amplifier.

Langkah 6: Sentuhan akhir

Gambar

Bagian dalam speaker

Pasang semua sirkuit kedalam kotak speaker, gunakan mur dan baut pada semua papan yang memiliki lubang baut. Untuk kabel yang longgar ikat kemudian pastikan semuanya rapi.

membuat bluetooth speaker

Instrumen Plat

membuat bluetooth speaker

Plat ini adalah tempat untuk lubang2 LED, soket listrik dan auxiliary input, dan dua sekrup. Hati-hati bila Anda bor, karena plat dapat dengan mudah hancur. Seperti yang ditunjukkan, aku pastikan anda mengebor lubang-lubang pada tempat yang tepat.

Letakkan kabel 12v LED, dan soket listrik dan auxiliary input ke plat menggunakan baut diberikan. Tempatkan pelat instrumen untuk panel belakang menggunakan sekrup.

membuat bluetooth speaker

Volume Knob

membuat bluetooth speaker

Tempatkan tombol volume ke poros mencuat dari bagian depan speaker. Mainkan beberapa musik dan melihat apakah tombol volume berfungsi dengan lancar, dan bekerja dengan baik.

Finishing

membuat bluetooth speaker

Ini adalah langkah akhir dari perjalanan ini, mur panel kembali ke kotak speaker. Saya menggunakan sekrup hitam yang sama, dan dibor lubang pertama, kemudian mur juga panel input.

Dan Selesai. Sekarang coba putar musik favorit Anda, dan perhatikan karya seni ini yang telah Anda buat!

Evaluasi

Saya cukup puas dengan produk akhir, Hal ini tentu lebih indah daripada yang ditampilkan dalam foto, dan saya bisa menghabiskan sepanjang hari mengelus permukaan speaker.

Suara yang luar biasa. Nenar-benar membuat ruangan merasa hidup. Vokal yang jernih dan tajam, dan sangat baik. Sangat jelas seperti headphone yang mahal. Bass, meskipun tidak mengguncang ruangan, sangat akurat dan menyenangkan juga. Gitar akustik juga terdengar nyata pada speaker ini.

Hal favorit saya tentang proyek ini adalah bahwa saya punya ide yang tepat dari apa yang saya inginkan. Hal tersebut sudah terlihat bahkan sebelum saya mulai mengumpulkan alat dan bahan. Saya merencanakan secara menyeluruh. Dan akhirnya tampak persis seperti itu. Saya benar-benar bangga dengan fakta bahwa. Saya membangun ini untuk orang lain, dan pikiran bahwa seseorang menggunakan sebuah proyek, produk, yang saya buat menjadikan hadiah yang terbaik yang pernah saya buat.

Terima kasih untuk membaca. Juga pastikan Anda posting gambar anda setelah membuatnya.

membuat bluetooth speakermembuat bluetooth speaker

– membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker – membuat bluetooth speaker –

5 thoughts on “Membuat Bluetooth Speaker Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X