Panduan SEO

Apa yang harus anda lakukan untuk meningkatkan performa website anda?

Google saat ini lebih pintar daripada sebelumnya. Dulu, kita bisa menggunakan akal-akalan panduan SEO untuk meraih peringkat atas. Tetapi sekarang hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan karena Google lebih mementingkan user experience dan user engagement.

Baca juga berbagai macam panduan & tutorial disini
Baca panduan woodworking lengkap disini

“Google only loves you when everyone else loves you first.”

— Wendy Piersall

Jadi, lupakanlah jurus akal-akalan yang dulu sering Anda gunakan untuk mengakali  peringkat website  Anda. Karena selain sia-sia, bukan tidak mungkin justru website Anda akan mendapatkan “hukuman” dari Google. Jadi, mulailah memperhatikan apa yang Anda sajikan kepada pengunjung website Anda.

Panduan SEO 1 – Berikan Solusi yang Relevan pada Konten Anda

“Apa yang banyak dicari orang? SOLUSI yang relevan!”

Kebanyakan orang mencari informasi di internet karena mereka butuh mendapatkan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Manfaatkan hal ini!  Tulis  artikel-artikel maupun konten-konten relevan yang memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh target pasar Anda.

Panduan SEO

TIPS : Buatlah konten yang relevan dan menyatu antar elemen-elemen dalam konten tersebut

Panduan SEO 2 – Gunakan Alur dan Bahasa yang Natural

Panduan SEOAnda mengejar target SEO dengan artikel yang serampangan dan cenderung mengakali algoritma Google? Tidak mungkin!

“Bangun website untuk pengguna internet bukan untuk spider”

— Dave Naylor

Saat ini hal itu tidak lagi bisa digunakan karena Google  semakin canggih. Google akan tahu mana situs-situs yang memang mengandung informasi yang bagus buat pengunjungnya atau hanya situs-situs yang penuh dengan konten “sampah”. Untuk itu, perhatikan cara penulisan artikel Anda. Gunakan alur pembahasan yang runtut  dan masuk akal dengan bahasa yang natural.  Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus: pengunjung website dan Google akan sama-sama menyukainya!

Panduan SEO 3 – Segmentasi Halaman

Panduan SEOHindari penggunaan  footer dan  sidebar untuk konten yang penting. Jangan coba-coba  menggunakan trik untuk mengakali mesin pencari dengan trik CSS atau JavaScript. Tempatkan konten-konten yang penting pada tempat yang paling mudah dilihat pembaca.

  1. Baca Juga: Tutorial Membuat LED Sound Reactive

Mengapa segmentasi halaman penting?

Karena dimana Anda akan meletakkan kata-kata pada sebuah  halaman adalah sama pentingnya dengan penggunaan kata tersebut. Setiap halaman website memiliki bagian-bagian yang berbeda:  header, footer,  sidebar, dan lain-lain. Sudah sejak lama, mesin pencari menentukan bahwa bagian terpenting dari sebuah website berada di bagian main body.

Konten yang diletakkan pada bagian main body (tengah) akan dianggap oleh Google sebagai konten utama (yang penting) sedangkan teks yang ada pada tempat lain  adalah pendukung. Jadi pastikan bahwa Anda  meletakkan konten utama Anda pada main body.

Panduan SEO

Panduan SEO 4 – Perhatikan Struktur Konten Anda

Jangan abaikan struktur konten Anda. Atur header, paragraf, daftar, dan tabel dengan stuktur yang baik sehingga mesin pencari bisa mengerti apa sebenarnya target topik Anda. Sebuah website profesional memiliki struktur yang  baik meliputi  judul topik,  bagian pendahuluan,  dan kesimpulan  yang dibuat dengan susunan paragraf dan tata letak yang baik. Selain struktur konten, Anda juga harus  memperhatikan struktur website secara keseluruhan seperti yang terdapat pada keterangan di bawah ini:

Panduan SEO

TIPS: Kokohkan sebuah nama / merk. Gunakan nama domain atau URL yang unik dan spesifik untuk website Anda

Panduan SEO 5 – Riset Kata Kunci

  1. Baca Juga: Membuat Bluetooth Speaker Kayu

Hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja dalam optimasi SEO adalah riset kata kunci.  Meskipun kata kunci saja tidak cukup kuat untuk  membangun pondasi konten Anda. Semua hal  yang  berkaitan dengan panduan SEO dimulai dari riset kata kunci yang baik. Anda harus mengetahui  kata yang jadi target, popularitas, dan persaingan pada kata kunci tersebut (Tips: Gunakan Google Keyword Planner).

Panduan SEO 6 – Lakukan Riset Kata Kunci yang Terkait dengan Topik / Tema Konten

Hindari melakukan riset hanya dengan menggunakan satu kata kunci saja. Lakukan riset  kata kunci  dengan menggunakan kata-kata yang terkait dengan topik dan tema dari target kata kunci pilihan Anda.  Dalam riset tersebut, gunakan juga kata kunci sekunder yang terkait dengan kata kunci pilihan Anda. Bagaimana cara mengetahui kata kunci sekunder yang bisa Anda pakai?

Perhatikan  kata-kata apa saja yang orang-orang gunakan ketika membicarakan tentang topik Anda? Selain kata-kata, frasa dan ungkapan apa saja yang mereka gunakan? Ada baiknya juga Anda menggunakan sinonim dari kata kunci target Anda untuk memperkaya konten Anda.

Dengan lebih dari 6 juta pencarian setiap hari, Google memiliki banyak sekali informasi yang membutuhkan analisa tentang apa yang sebenarnya  dicari. Menurut riset Google, sinonim memiliki efektivitas 70% dalam pencarian.

Untuk mengatasi masalah ini, mesin pencari menggunakan sinonim dan variasi kata untuk jutaan frasa untuk memudahkan mesin pencari menemukan situs Anda meskipun pengguna internet menggunakan kata yang berbeda. Sebagai contoh,  jika kata kunci Anda adalah baju anak maka

Anda bisa menggunakan variasi berikut ini:

•baju anak-anak •baju balita • pakaian anak   •pakaian anak-anak

Contoh perbedaan menggunakan strict keyword (satu kata kunci yang sama) dengan menggunakan kata kunci variasi:

Panduan SEO

Dari sisi panduan SEO, penggunaan variasi dan bahasa yang natural dalam konten lebih baik daripada mengulang-ulang kata kunci yang sama berkali-kali.

Panduan SEO 7 – Jarak Semantik dan Hubungan Antar Istilah

Berbicara tentang optimasi halaman,  jarak semantik  berkaitan dengan hubungan antara kata-kata dan frasa yang berbeda pada konten. Perbedaan ini termasuk jarak antar frasa, dan fokus pada bagaimana hubungan antar istilah di antara kalimat dalam paragraf maupun dalam elemen HTML lainnya.

Contoh:  Letakkan kata  piyama  dan  baju anak  di kalimat yang sama agar mesin pencari bisa mengerti bahwa kedua frasa ini saling terkait.

Perhitungan Jarak Semantik:

Panduan SEO

Jarak Semantik dan Hubungan Antar Istilah

Mesin Pencari (seach engine) bisa menentukan hubungan antar kata dan frasa dengan mengukur hubungan mereka dalam sebuah konten. Semakin dekat hubungan semantiknya, semakin besar kemungkinan kata-kata dan frasa-frasa tersebut saling terkait.

Beberapa mesin pencari mengatasinya dengan mengukur  jarak antar kata-kata dan frasa yang berbeda di antara elemen-elemen HTML yang berbeda. Semakin  dekat konsepnya secara semantik, maka semakin dekat konsep tersebut terkait. Frasa-frasa yang diletakkan dalam  paragraf  yang sama memiliki hubungan semantik yang lebih dekat dibandingkan dengan frasa-frasa yang diletakkan terpisah oleh paragraf-paragraf lain.

Selain itu, elemen-elemen HTML bisa juga memperpendek jarak antar konsep, dan membuatnya lebih dekat. Sebagai contoh, kata-kata yang dibuat dalam bentuk daftar atau list dianggap memiliki jarak yang sama antar kata, dan judul sebuah dokumen dianggap dekat pada semua istilah yang ada dalam dokumen tersebut.

Mungkin ini saat yang tepat untuk Anda tahu mengenai Schema.org, karena Schema memberikan kemudahan untuk mengetahui struktur semantik teks Anda untuk memberikan definisi hubungan antar istilah.

Dengan menggunakan schema, hubungan antar istilah bisa dilihat dengan jelas dan bisa diaplikasikan pada halaman apapun yang mengandung teks. Gunakan schema untuk membantu Anda dalam menyusun konten Anda.

Panduan SEO 8 – Manfaatkan Backlink

  1. Baca Juga: Software Wajib Setelah Instal Ulang Windows

“Ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas” — SEO Refugee

Panduan SEO

Panduan SEO 9 – Gunakan Media Sosial

Gunakan media sosial untuk membantu  panduan SEO  Anda. Perhatikan fakta-fakta berikut ini terkait dengan media sosial untuk SEO:

Panduan SEO

Tahukah Anda?

Teknik panduan SEO Sangat Baik jika Dikombinasikan dengan Google Adwords

Mengapa?  SEO dan Adwords adalah dua teknik pemasaran melalui mesin pencari. Pada kenyataannya, terdapat begitu banyak kesamaan di antara kedua teknik ini dari yang mungkin orang bayangkan. Sama-sama menggunakan pendekatan kata kunci,  panduan SEO dan Adwords  dapat bekerja sama secara harmonis. Berikut adalah alasan mengapa Adwords  cara yang efektif untuk meningkatkan SEO website Anda:

  1. Adwords memungkinkan website Anda ditampilkan di posisi teratas dengan segera tanpa perlu menunggu peringkat SEO website Anda.

  2. Adwords membantu meneliti kata-kata kunci yang paling efektif untuk website Anda.

  3. Google Adwords memastikan kata-kata kunci yang Anda pilih menghasilkan konversi penjualan yang baik.

  4. Adwords membantu meneliti lokasi geografis pengguna (negara ataupun kota) yang paling banyak menghasilkan konversi penjualan untuk usaha Anda.

  5. Dengan menentukan kampanye Adwords yang memiliki nilai konversi tertinggi, Anda dapat menentukan judul, meta description, dan konten website untuk mendapatkan CTR (Click Thru Rate) yang lebih baik dengan peringkat SEO Anda saat ini.

     

Sumber: niagaweb.co.id

2 thoughts on “Panduan SEO

  • December 3, 2016 at 6:19 am
    Permalink

    Mas MITB23 untuk google planer keyword pasa saat pertama saya daftar langsung ke arahkan ke kampanye sehingga saya tidak bisa menggunakan tool alat nya. Apa ada solusinya? Dan juga koreksinya blog saya biar bisa lebih seo. Terimakasih

    Reply
    • December 3, 2016 at 8:27 am
      Permalink

      Dibagian atas ada beranda, kampanye dll trus bagian paling kanan ada tool/alat gan…
      Diklik bagian alat trus pilih yg bawah ada perencana kata kunci/planner keyword…
      Kalo untuk agar lebih SEO saya pake plugin WordPress Yoast SEO gan, sangat membantu gimana supaya postingan kita lebih SEO. Tinggal ikuti apa saja yang kurang kalo sdh lampu ijo di yoast SEO brarti sudah cukup bagus, tnggal di posting saja…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X