Perbedaan Bea dan Cukai

Perbedaan Bea dan Cukai

Banyak dari kita-kita yang masih belum terlalu mengerti Perbedaan Bea dan Cukai. Biasanya pada saat kita akan melakukan jual beli online dari luar negeri atau untuk barang-barang yang dikenai bea dan cukai, seringkali kita menemukan pembicaraan seperti ini:
S = Penjual/Seller
P = Pembeli/Buyer
P: Gan barang yang dipajang itu berapa harganya?
S: $30 gan, belum termasuk ongkir n cukai.
P: Kalo uda semua kira2 berapa gan…??
S: Bisa sampe $60
P: Mahal amat gan, bisa sampe 2x lipat gitu. yang bikin mahal apanya gan..?
S: dari tarif cukai nya gan…
Dari obrolan diatas, yang dimaksud penjual adalah bea masuk/bea impor, bukan cukai. Kalo cukai itu pajak buat roko n alkohol. Banyak orang yang masih salah memahami antara istilah bea dan cukai. Ada yang menganggap sama, ada yang sudah ngerti dan ada yang masih bingung ga ngerti sama sekali. Memang, instansi yang menarik dua pajak ini adalah instansi yang sama, yaitu Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Namun biasanya orang nyebutnya “bea cukai” jadi sering salah ngartikan kalo bea dan cukai itu sama ajja…
Maka dari itu untuk meluruskan kebingunan itu, ane bahas tentang beda antara Bea dan Cukai… Jika berkenan boleh di share & comment… 🙂

1. BEA

perbedaan bea dan cukai

Bea ini dibagi menjadi 2:

1. Bea Masuk
Bea masuk adalah pungutan negara berdasarkan undang-undang pabean yang dikenakan terhadap barang yang diimpor. Jadi setiap barang yang diimpor dari luar negeri itu selain kita mbayar harga barang sama ongkos kirimnya kita juga harus mbayar ke negara, berupa bea masuk itu. Untuk besarnya bea masuk sendiri beda beda tiap barang gan
2. Bea Keluar
Bea keluar pungutan negara yang dikenakan terhadap barang yang diekspor. Nah untuk meningkatkan jumlah ekspor dinegara kita, tarif bea keluar ini 0% gan. Tapi untuk jenis-jenis barang tertentu masih ada yang tarifnya tidak 0%.

 

Nah tujuan dari dikenakannya Bea untuk Impor dan Ekspor apa yah..??

1. Mengurangi Tingkat Impor
Kalo harga suatu barang itu mahal, orang orang bakal mengurangi daya beli terhadap barang itu, apalagi kalo ada padanan barangnya di dalam negeri. tapi sayangnya, banyak barang luar negeri yang kita itu butuh kemudian nggak ada produksinya di dalam negeri, kaya handphone, mobil, sama barang barang teknologi tinggi lainnya, jadinya terpaksa kita harus tetep impor buat barang barang tersebut. Nah untuk bea keluar, itu cuma beberapa barang yang dipungut gan, yang termasuk barang barang yang jadi kebutuhan dalam negeri kayak CPO (minyak sawit), pasir besi, dll.
2. Sebagai Pemasukan Negara
bea masuk sendiri itu termasuk pajak tidak langsung, yang namanya pajak pasti itu pungutan yang masuk ke negara. dan pungutan berupa bea masuk ini nantinya juga buat mbangun indonesia gan nggak main main loh pemasukkan dari sektor bea masuk tiap taunnya
Nah selanjutnya apa bedanya Bea sama Cukai…??

2. CUKAI

perbedaan bea dan cukai
Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang mempunyai sifat atau karakteristik yang ditetapkan dalam undang-undang cukai.
karakteristik yang dimaksud adalah:
  1. konsumsinya perlu dikendalikan;
  2. peredarannya perlu diawasi;
  3. pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau lingkungan hidup;
  4. pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan
jadi intinya cukai itu pajak yang ditarik buat barang barang yang punya empat karakter diatas
Di indonesia cukai dikenakan untuk 3 (tiga jenis barang gan)
1. Rokok
2. Minuman Beralkohol
3. Etil Alkohol
Trus apa donk fungsinya? Fungsinya hampir sama kayak Bea juga..
1. Mengurangi Konsumsi
wacananya pungutan cukai ini tiap tahun bakal terus naik gan, jadi harapannya di masa mendatang nanti bisa sampe seratus ribu per bungkus  kalo udah mahal gitu pikir pikir juga mau beli bungkusan. ngga cuma rokok sih gan, miras juga terus dimahalin biar konsumsinya bisa ditekan. terus aturan buat produsen dan konsumen barang barang kena cukai ini juga bakal diketatin gan
2. Sebagai Pemasukan Negara
karena bea sama cukai ini termasuk dalam pajak tidak langsung, ya berarti mereka sama sama nantinya disetorkan ke negara, dan nantinya bareng bareng sama pemasukan pajak dan pemasukan negara lainnya dipake buat mbangun negara gan.
Jadi jangan salah lagi gan, kalo buat yang ekspor impor itu BEA, sedangkan CUKAI itu pajak buat rokok, miras, sama etil alkohol. Menerima kritik, saran, dan pertanyaan buat postingan ini, atau kalo ada yang lebih paham dan punya pengalaman di bidang ini bisa nambahin gan lewat komen dibawah yah…
Sekian Semoga Bermanfaat… =)
perbedaan bea dan cukai – perbedaan bea dan cukai – perbedaan bea dan cukai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X