Persamaan Akuntansi Bank Syariah

Persamaan Akuntansi Bank Syariah

Dalam bidang akuntansi, adanya akuntansi bank syariah, merupakan kemajuan yang luar biasa, apabila selama ini pada akuntansi secara umum mempunyai persamaan yang sudah baku, maka dengan adanya akuntansi bank syariah, persamaan akuntansi tersebut terpaksa harus mengalami perubahan yang mendasar, yang mana persamaan
tersebut belum dapat diperoleh pada literatur akuntansi umum. Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa Bank Syariah mempunyai karekateristik tersendiri, dimana hal ini juga membawa implikasi dalam akuntansi Bank Syariah itu sendiri. Apabila dalam akuntansi umum terdapat persamaan akuntansi pada unsur neraca adalah sebagai berikut :

Persamaan Akuntansi KonvensionalGambar Persamaan Akuntansi Konvensional

Karena karakteristisknya akuntansi Bank Syariah mempunyai persamaan akuntansi yang berbeda dengan persamaan akuntansi umum atau akuntansi bank konvensional, persamaan akuntansi pada unsur neraca Bank Syariah adalah :

Persamaan Akuntansi Bank SyariahGambar Persamaan Akuntansi Bank Syariah

Unsur dalam laporan laba rugi akuntansi umum diperoleh persamaan akuntansi atas laporan laba/rugi sebagai berikut :

Persamaan Laba Rugi KonvensionalGambar Persamaan Laba Rugi Konvensional

Ada unsur dalam Laporan Laba Rugi yang membedakan dengan laporan laba rugi secara umum adalah “Hak pihak ketiga atas bagi hasil Dana Syirkah Temporer” yang mana unsur ini tidak dapat dikategorikan sebagai unsur beban bagi bank (mudharib), dan disajikan setelah pendapatan utama operasional sebelum pendapatan operasi lainnya, sehingga persamaan akuntansinya adalah:

Persamaan Laba Rugi Bank SyariahGambar Persamaan Laba Rugi Bank Syariah

Untuk memberikan gambaran yang lengkap dan rinci dalam akuntansi Bank syariah, perlu dijelaskan beberapa hal yang berbeda dengan akuntansi bank konvensional dan hal-hal yang mendasari hal tersebut. Secara rinci penjelasan tentang ini dibahas pada unsur-unsur laporan keuangan pokok bahasan selanjutnya.

Dalam pembahasan selanjutnya mengenai laporan keuangan bank syariah akan sangat berkaitan dengan persamaan akuntansi bank syariah. Hal tersebut sangat berhubungan dengan komponen-komponen yang menyusun laporan keuangan bank syariah, dimana komponen penyusun tersebut merupakan bentuk akun dari persamaan akuntansi bank syariah dalam materi kali ini. Untuk mari kita lanjutkan pembahasan kemateri selanjutnya mengenai Laporan Keuangan Bank Syariah. persamaan akuntansi bank syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X