Project Woodwoking 1 – Membuat Dadu Kayu

Membuat Dadu Kayu

Dengan dasar-dasartertutup tentang cara untuk mencapai pemotongan lurus kita dapat menerapkan konsep-konsep dengan proyek mudah. Di sini kita akan membuat Dadu kubus besar dari kayu yang dipotong. Anda akan perlu memotong dalam bentuk persegi secara konsisten sepanjang proyek kali ini.

Baca Juga: Panduan Lengkap Woodworking
Baca Juga: Woodworking 1 – Selamat Datang & Perkenalan

Alat + Perlengkapan:

  1. gergaji, atau gergaji tangan
  2. Persegi
  3. Ampelas
  4. 4″x4″ Kayu

Sebelum kita mulai, kita akan membuat sketsa dan merencanakan proyek. Kita sudah tahu bahwa 4″x4″ dari materi sebelumnya adalah pengukuran nominal dengan dimensi sebenarnya 3-½ “x3-½”, sehingga kita dapat membuat sketsa rencana sebelum melakukan apapun.

Memotong Kayu

dadu kayu

Ukur sepanjang 3-½ ” dan beri tanda dengan persegi dengan begitu kita tahu di mana garis potong kita, kemudian dilanjutkan dengan membuat tanda centang sepanjang sisi dan bawah kemudian tambahkan cek ke garis pensil untuk menunjukkan sisi yang akan dipotong.

Dengan dijepit secara aman ke tempat kerja kita kemudian digergaji, ingat untuk memotong agar kayu dapat dengan mudah terpisah setelah dipotong.

Saat anda menggergaji bagian yang ditandai dengan cek pada sisi yang anda potong, Anda harus berhati-hati saat kubus hasil potongan kita terjatuh. Kita akan membutuhkan 5 dadu untuk proyek ini, sehingga ukur kayu selanjutnya 3-½” kemudian ulangi menggergaji sampai semua 5 dadu telah berhasil terpotong.

Membentuk Pinggiran Dadu

dadu kayu

Setelah semua 5 kubus telah terpotong, tepian kubus pastilah tajam dan sudut kubus dapat melukai tangan.dadu kayudadu kayu

Jepit kubus dengan lembut ke permukaan meja kerja yang solid sehingga tidak bergerak, tapi tidak terlalu keras sehingga Anda tidak merusak kayu. Menggunakan sisi datar dari parutan knock down tepi untuk memberikan bentuk dadu pada kubus ini. Kita akan membahas tentang membentuk kayu dalam pelajaran 6, untuk proyek ini kita hanya mencoba untuk menghaluskan permukaan kubus yang sudah kita potong. Buat gerakan diagonal dengan sisi kasar dari parutan untuk menghapus tepi tajam di semua sisi dari setiap dadu. Tidak ada masalah jika masih ada bagian kasar, kita dapat mengamplasnya nanti dengan tangan.

Pengamplasan Penghalusan

Baca Juga: Woodworking 2 – Peralatan dan Perlengkapan
Baca Juga: Woodworking 3 – Memotong Lurus Sempurna

 

dadu kayu

dadu kayudadu kayu

Kita sekarang dapat meratakan dadu dan membuat mereka terasa lebih enak saat dipegang. Mulailah dengan menggunakan 80 grit pada orbital sander acak dan lanjutkan ke semua permukaan dan tepi untuk menghaluskan permukaan dadu.

dadu kayu

Kadang-kadang bisa lebih mudah untuk membawa pekerjaan ke alat bukan sebaliknya. Jika Anda memiliki catok bangku Anda dapat mencoba mengamankan terbalik orbital acak Anda turun di catok dan mengencangkan sampai nyaman, maka Anda dapat dengan mudah memutar kubus sekitar pada sander sampai halus.

dadu kayu

Ulangi untuk semua dadu sampai mereka seragam kelancaran dan bentuk.

Menggambar Tanda Dadu

Baca Juga: Membuat Bluetooth Speaker Kayu

dadu kayu

dadu kayudadu kayu

Gunakan penggaris untuk menarik garis antara sudut-sudut di salah satu permukaan dadu, buat garis yang melintasi tengah permukaan dadu. Dengan ini sebagai panduan saya bisa menempatkan tanda secara akurat dan berulang-ulang untuk setiap permukaan dadu.

Cat

dadu kayu

Setelah menandai cat di setiap tanda dengan cat hitam dan hapus setiap tanda pensil yang tersisa.

Finishing

Baca Juga: Membuat Bluetooth Speaker Kayu

dadu kayu

Untuk melindungi dadu Saya menggunakan lapisan polyurethane yang akan melindungi dadu tersebut dari noda karena terlalu banyak memakai.

dadu kayudadu kayu

Setelah selesai melapisi dadu dengan polyurethane, kita akan membahas hal tersebut secara lebih rinci sebagai bagian dari pelajaran selanjutnya. Keringkan semua sisi dadu Anda, gunakan skrup sebagai standoffs.

Kenakan sarung tangan pelindung, lap pada lapisan polyurethane dan gunakan skrup balik dadu dan tunggu sampai kering dalam semalam.

Waktunya Bermain

dadu kayu

Proyek woodworking pertama Anda selesai. Selamat! Ambul dadu kehalaman Anda, ke taman dan mainkan permainan dengan menggunakan dadu. Sesuatu menemukan hal yang hebat pada saat membuat sesuatu yang sederhana seperti Dadu.

Baca Juga: Membuat Bluetooth Speaker Kayu
Baca Juga: Tutorial Mengubah LCD Bekas Menjadi Layar Monitor

– dadu kayu – dadu kayu – dadu kayu – dadu kayu – dadu kayu – dadu kayu – dadu kayu –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X