Woodworking 2 – Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan dan Perlengkapan
Woodworking 2

peralatan dan perlengkapan

Mungkin anda atau seseorang yang Anda kenal, sudah memiliki beberapa alat dasar sejak awal. Proyek sehari-hari benar-benar tidak memerlukan banyak jenis peralatan. Beberapa alat dasar tidak memerlukan banyak biaya, beberapa alat yang digunakan kadang memerlukan kualitas yang lebih tinggi agar Anda puas, namun beberapa alat yg lain mungkin tidak anda perlukan sm skali!

Baca juga berbagai macam panduan & tutorial disini
Baca panduan woodworking lengkap disini

Secara umum, saya suka menggunakan alat-alat listrik dijalin dgn tali karena mereka tampil lebih baik karena mereka tidak kehabisan energi, dan Anda tidak perlu dipusingkan dengan baterai (kecuali bor listrik), Anda akan menemukan peralata favorit anda sendiri dalam proses pembelajaran.

Berikut semua tools yang saya gunakan di kelas woodworking ini:

Bor Listrik – Power Drill
Gergaji Melingkar (atau gergaji tangan) – Circular Saw (Hand Saw)
Router Tangan – Hand Router
Gergaji ukir – Jigsaw
Orbital sander – Random Orbital Sander
Meteran – Tape Measure
Klem – Clamps
Penggaris Persegi/Kotak – Speed Square
Lem kayu – Wood Glue
Lem panas – Hot Glue
Double tape – Double-sided tape
4-arah serak – 4-way rasp
Palu – Hammer
Ampelas – Sandpaper
obeng – Screwdrivers
box mitra – Miter Box

Alat pelindung diri

Pelindung Mata – Eye Protection
Pelindung telinga – Hearing Protection
Masker debu – Dust mask
Pemadam kebakaran – Fire extinguisher
Kotak obat – First aid kit

Workshop Peralatan

Bor Listrik – Drill

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Bor kabel memiliki kekuatan yang lebih tetapi ditambatkan oleh kabel dan mungkin tidak memiliki beberapa fitur bor tanpa kabel, seperti kontrol kekuatan.

Gergaji Melingkar – Circular Saw

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Saya sarankan gergaji dengan kabel 7-1/4″ dengan mata gergaji bundar. Karena gergaji melingkar menggunakan banyak daya (dan Anda tidak ingin sering-sering beranti baterai) sehingga lebih baik menggunakan gergaji kabel. Carilah gergaji dengan kedalaman pisau yang dapat dkendalikan, dan satu dengan dasar miring yang memungkinkan bevels -. keduanya fitur standar yang seharusnya ada.

Router Tangan – Hand Router

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Sebuah router tangan adalah salah satu alat pertukangan favorit saya dan memiliki banyak kegunaan selain memberikan profil tepi dekoratif. Sebuah router tangan kecil seperti yang ditampilkan di atas biasanya lebih dari cukup untuk sebagian besar pekerjaan woodworking, tapi ada juga router yang lebih besar yang memiliki basis pegas yang memungkinkan router untuk mencelupkan ke dalam kayu.

Gergaji ukir – Jigsaw

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Gergaji ukir yang besar untuk pemotongan melengkung yang memiliki jari-jari yang rapat. Ada pisau pengganti yang dapat digunakan untuk pemotongan halus atau pemotongan kasar lebih cepat. Gergaji Ukir Anda seharusnya memiliki basis untuk bergerak yang memungkinkan mengatur kedalaman pemotongan adalah fitur standar yang harus dimiliki. Saya suka gergaji ukir yang berkabel karena mereka memiliki kekuatan untuk memotong dengan konsisten, tidak seperti daya baterai yang dapat memperlambat ketika kehabisan energi. Seperti gergaji melingkar, cobalah dengan tangan Anda dan rasakan mana yang lebih baik untuk Anda.

Orbital Sander

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Sebuah orbital sander memiliki basis perekat sehingga pengamplasan dapat dilakukan dengan mudah. Carilah sander yang memiliki berbagai macam kecepatan sehingga memungkinkan Anda untuk memperbaiki pengamplasan Anda, kemudian anda mengambil tambahan serbuk kayu yang berbeda.
Gunakanlah sander yang berkabel, karena sehingga anda tidak perlu mengganti baterai pada saat melakukan pengamplasan. Selain alat-alat listrik ada beberapa alat tangan yang Anda akan butuhkan.

Klem – Clamps

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Anda benar-benar tidak dapat memiliki cukup klem. Saya akan merekomendasikan jenis yang berbeda, dan ukuran yang berbeda, sehingga Anda punya penjepit untuk semua kesempatan. Ketika Anda melakukan pengeleman yang cukup besar Anda akan terkejut oleh berapa banyak klem akan anda gunakan, dan klem yang ingin Anda miliki.

Klem quick-release sangat mudah untuk digunakan, tapi di bawah tekanan klem tersebut tidak aman seperti bar klem dengan gagang memutar.

Penggaris persegi/kotak – Square

woodworking - peralatan dan perlengkapan
Gambar yang ditampilkan diatas di sini adalah penggaris persegi, kelebihannya adalah menggabungkan beberapa fungsi seperti busur derajat, tepi persegi, tepi 45 derajat, dan bahkan memiliki perhitungan kasau / tangga di atasnya… All In One!
Penggaris persegi ini juga memiliki beberapa ketebalan untuk digunakan sebagai panduan gergaji. Belilah penggaris persegi yang berbahan logam karena lebih awet jika dibandingkan dengan yang plastik

Perekat/Lem

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Sama dengan klem, memegang kayu sementara Anda bekerja bisa menjadi suatu tantangan. Terkadang penjepit terlalu besar, atau bahkan hanya mengganggu/menghalangi, double tape dan lem panas adalah alternatif yang bagus. dauble tape dan semua jenis lem panas akan bermanfaat. Tentu saja, kita juga akan membutuhkan banyak dan banyak lem kayu.

Meteran – Measuring

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Tentu saja, setiap tukang kayu akan membutuhkan meteran yang baik. Hindari meteran pengukur mewah dengan embel-embel dan gunakan meteran yang sederhana. Pilih meteran pita pengukur yang memiliki kedua unit metrik dan imperial. Bahkan jika Anda tidak menggunakan salah satu unit, Anda akan senang Anda memilikinya untuk sekali dalam proyek seumur hidup di mana Anda membutuhkannya.

Tentu saja ada beberapa alat lainnya sepert palu, amplas tangan, gergaji tangan dan lain-lain. Sehingga anda mungkin memerlukan kotak peralatan…

Di luar kelas woodworking ini Anda cenderung untuk menggunakan alat ini untuk proyek-proyek sehari-hari, juga. Anggap saja sebagai investasi. Anda tidak harus membeli alat mahal untuk mencapai hasil yang bagus, tapi hindari membeli alat murah karena biasanya tidak awet ketika digunakan. Lebih baik membeli alat-alat standar dan kemudian meng-upgrade nanti jika Anda ingin fitur khusus.

Alat Pelindung Diri

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Semua alat-alat listrik menimbulkan bahaya keamanan yang serius, dan lebih baik kita mencegah terjadinya sesuatu sebelum terlambat. Alat yang berputar sangat cepat dan memiliki kekuatan yang lebih dari cukup untuk menyebabkan beberapa kerusakan yang sangat serius untuk tubuh Anda, dan dalam kasus ekstrim bahkan kematian. Jauhkan pengingat serius ini di depan pikiran Anda sebelum Anda mulai pekerjaan, sebagai kesalahan terkecil dapat memiliki beberapa konsekuensi serius.

Pelindung Mata

Pelindung mata WAJIB DIGUNAKAN! Bercak terkecil di mata Anda, tidak peduli tingkat keparahan, dapat mengganggu kehidupan anda selamanya. Aku bahkan tidak memasuki toko tanpa pelindung mata, dan Anda seharusnya tidak baik. mata Anda terlalu berharga untuk tidak melindungi, dan pelindung mata murah.

Pelindung Telinga

Pelindung over-ear atau in-ear, sangat membantu ketika menggunakan alat-alat listrik. Gangguan pendengaran diukur dengan durasi paparan, jadi sementara itu mungkin tidak tampak terlalu keras pada saat akhir hari Anda telah terpapar untuk waktu yang lama dan telah menyebabkan kerusakan pendengaran Anda.

Masker Debu

Masker debu yang besar untuk mencegah menghirup debu kayu. Ini mungkin tampak jinak, tapi serbuk kayu terdaftar sebagai bahaya oleh organisasi keselamatan. Selain itu bekerja bersama kayu selama seharian pasti juga banyak kotoran diudara.

Sarung Tangan

Sarung tangan mungkin tampaknya akan hilang dari daftar ini, tapi mereka sebenarnya tidak. Sementara sarung tangan yang besar untuk berbagai penggunaan, bekerja dengan mesin woodworking bukan salah satu dari mereka. Jika sarung tangan Anda tertangkap di mesin saat menjalankan itu dapat menyedot tangan Anda dengan itu, tapi jika Anda tidak memakai sarung tangan Anda berada pada kesempatan yang lebih baik untuk terkena kerusakan sebagian kecil dari tubuh Anda.

Selain Perlengkapan keselematan diatas, Anda juga harus membatasi ekspos terhadap peralatan dengan mengikat rambut yang panjang, melepas perhiasan, menyelipkan pakaian longgar.

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Mengikat rambut panjang

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Melepas Perhiasan

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Menyingsingkan lengan baju dan Menyelipkan pakaian longgar.

Sementara banyak luka di toko pemotongan disebabkan oleh pisau yang tajam, ada risiko nyata avulsi (kulit terkelupas) dari berbagai alat-alat listrik, seperti mesin bubut atau bor tekan, di mana alat menangkap cincin atau menonton dan menariknya ke dalam mesin. Meskipun kita tidak bekerja dengan alat-alat listrik di kelas ini, selalu ada risiko ketika bekerja dengan alat apapun.

Perlengkapan Keselamatan

Pemadam Api

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Kayu mudah terbakar, dan debu kayu sangat mudah terbakar. Menjaga alat pemadam kebakaran mudah diakses di ruang kerja Anda adalah hal cerdas dan super mudah. Tempatkan pemadam kebakaran Anda di suatu tempat terlihat, mudah diakses, dan sebaiknya dekat pintu keluar Anda.

Jalan keluar

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Hal ini mungkin tampak seperti tidak cerdas, tapi tetap jalan keluar Anda jelas adalah sesuatu yang mudah dilupakan. Ruang kerja adalah tempat yang sibuk dan bisa berantakan dengan bahan baku dan proyek setengah dibangun. Luangkan waktu untuk mengatur toko Anda sehingga Anda selalu memiliki jalan yang jelas untuk keluar dari ruangan Anda.

Pertolongan pertama

woodworking - peralatan dan perlengkapan

Kecelakaan sering terjadi, mari kita berharap itu adalah hal kecil dan Anda dapat kembali bekerja. Taruh kotak pertolongan pertama di ruangan Anda dan. Minimal Anda harus memiliki perban, tourniquet, betadine, dan tetes mata. Sebuah kit pertolongan pertama lebih komprehensif tidak pernah merupakan hal yang buruk, jadi pastikan Anda memperoleh pertolongan pertama secepat mungkin.

peralatan dan perlengkapan – peralatan dan perlengkapan – peralatan dan perlengkapan – peralatan dan perlengkapan – peralatan dan perlengkapan – peralatan dan perlengkapan – peralatan dan perlengkapan – 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X