Woodworking 3 – Memotong Lurus Sempurna

Salah satu hal yang selalu ditemui oleh setiap tukang kayu adalah memotong, baik dengan tangan/gergaji manual atau dengan gergaji/alat listrik. Kelihatannya memang mudah dan kita hanya tinggal melakukannya. Tapi ada beberapa teknik khusus dalam bagaimana memotong dengan akurat, lurus, datar, dan sebersih mungkin.

Sebelum kita mulai memotong kayu dengan ukuran yang tepat, mari kita belajar hal yang sangat menyesatkan tentang dimensi kayu …

Baca juga berbagai macam panduan & tutorial disini
Baca panduan woodworking lengkap disini

Dimensi Nominal vs Dimensi Aktual

  1. Baca Juga: Membuat Bluetooth Speaker Kayu

Dimensi kayu yang tertulis di kayu adalah sebuah kebohongan besar. Setiap tukang kayu tahu ini, tapi itu sesuatu yang harus menyadari sebelum membeli ukuran yang salah untuk sebuah proyek.

Kita semua telah melihat dimensi kayu di toko, seperti 2×4, yang mengindikasikan bagian dimensi kayu yang – dalam contoh ini 2 “dengan 4”. Namun, jika Anda mengambil pita pengukur untuk kayu Anda akan melihat bahwa itu tidak benar-benar 2 “dengan 4″ sama sekali, ada ½” lebih pendek di kedua pengukuran memberikan Anda 1-½” oleh 3-½ “.

Alasannya adalah bahwa ketika pohon ditebang dan dipotong menjadi papan kondisi tersebut masih terdapat kelembaban didalam kayu tersebut. Sehingga ketika kayu dikeringkan itu menyusut dan karena kehilangan kelembaban. Untuk menjelaskan hal ini pabrik kemudian memproses kayu melalui pesawat untuk merapikan permukaan dan membersihkan tepinya. Agar ideal memberikan Anda sebuah papan lurus dan halus, dengan mengorbankan beberapa dimensi kayu. Hal ini berlaku untuk banyak dimensi kayu, jadi anda harus selalu memeriksa dimensi di toko sebelum membeli.

Mengetahui hal ini akan membantu Anda merencanakan untuk proyek-proyek Anda. Mengetahui dimensi yang sebenarnya Anda butuhkan, dan apa yang seharusnya Anda beli ketika Anda membutuhkan kayu.

Garitan

Setelah Anda tahu ukuran kayu Anda, Anda akan ingin untuk memotong kedalam ukuran tertentu. Setiap pemotongan akan menghilangan bagian kayu yang berubah menjadi serbuk gergaji, ini disebut garitan. Garitan adalah perbedaan antara sisi kiri dan kanan dari gigi gergaji, dan karena gigi gergaji lebih tebal dari ketebalan pisau Anda akan mengukur garitan dari gigi gergaji dan bukan pisau.

Ketika Anda memotong Anda biasanya ingin memotong pada satu sisi dari garis yang Anda tandai sehingga garitan tidak terpotong dan menghapus beberapa bagian yang Anda ukur.

Pada gergaji linkar (mesin gergaji) ada indent kecil pada piringan gergaji, indent ini merupakan goresan pisau. Mengetahui tentang garitan akan membantu kita mengetahui bagaimana kita mengukur dan menentukan tata letak atau bahan sebelum pemotongan.

Layout + Pemotongan

Memotong kayu mudah, tetapi membutuhkan sedikit keterampilan untuk memastikan pemotongan Anda lurus, persegi, datar.

Untuk memotong persegi (pada sudut 90 ° sepanjang kayu) Anda harus membuat sebuah tanda persegi/kotak, menyelaraskan tepi persegi Anda sepanjang tepi kayu. Anda harus menarik garis dengan pensil sebelum memotong. Putar kayu anda dan buat sesuai garis sepanjang sisi garis potong Anda, pemotongan samping ini akan membantu memandu Anda memotong dan untuk memastikan bahwa pisau Anda tidak berkeliaran off garis potong.

Sebelum memotong saya mulai dengan menggunakan mengukur ketebalan kayu, kemudian mengukur kembali jarak yang sama dari akhir, menyelesaikan dengan memotong garis pensil di sekitar pos dengan tepi persegi.

Ketika menandai saya menggunakan tanda centang kecil yang memberitahu saya di sisi mana untuk memotong, jika saya garis garitan pada sisi kayu diperiksa, kita tahu bahwa kita memotong sesuai ukuran yang tepat. Jika kita memotong langsung di atas tanda garis garitan maka hal itu akan memakan sebagian kecil dari pengukuran. Hal ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi ketika proyek Anda tidak cocok meskipun hanya 1/8″ hal tersebut akan sangat mengganggu.

Tentu saja, Anda dapat selalu menggunakan mitre box dengan gergaji tangan Anda untuk menjaga agar tetap lurus jika teknik penandaan tidak bisa anda gunakan.

Memotong Lurus Kayu Lapis (Plywood)

Memotong lurus pada kayu lapis (Plywood) sedikit lebih mudah, karena pisau tidak banyak berjalan selama pemotongan.

Ukur dan tandai di mana Anda ingin memotong, jangan lupa untuk menambahkan tanda centang pada garis, untuk menentukan sisi mana Anda akan memotong. Taruh kayu Anda ke meja kerja atau permukaan yang stabil lainnya dengan klem agar aman dan tidak banyak bergerak.

Anda dapat memotong tanpa panduan dengan cara hati-hati mengikuti garis potongan gergaji Anda, tetapi ada cara mudah untuk mendapatkan potongan lurus sempurna dengan membuat pagar. Pagar adalah bagian yang digunakan untuk memandu piring gergaji listrik. Menyiapkan pagar adalah sangat mudah, Anda hanya perlu untuk mengukur jarak dari gigi mata gergaji ke tepi piringan dan kemudian mengatur pagar Anda sampai jarak tertentu yang jauh dari potongan Anda.

Jepit tepi lurus ke salah satu kayu atau meja kerja untuk memastikan kayu tidak bergerak. Berhati-hati saat memotong dalam setiap pekerjaan Anda sehingga setiap potongan jatuh dengan aman.

Ekstra set up dapat lakukan dengan sedikit lebih lama dari hanya potongan biasa. Tepi lurus dan datar pada potongan Anda adalah ciri khas seorang profesional.

Memotong dari Tengah (Plunge Cut)

Plunge Cut adalah di mana anda memotong dimulai pada tengah papan papan yang bertentangan dengan ujung. Pemotongan ini memang sedikit rumit, tapi akan menjadi lebih mudah dengan sedikit latihan.

Sebelum memotong letakkan gergaji lingkar anda secara hati-hati agar tepat diatas tempat dimana anda ingin memotong, pastikan untuk membuat garitan dan tanda disisi mana pisau akan aktif. Letakkan di papan dan angkat bagian belakang gergaji sehingga pisau tidak menyentuh kayu, mulai putar pisau dan perlahan-lahan turunkan pisau ke dalam kayu menggunakan bagian depan dasar sebagai engsel.

Pastikan amankan meja kerja Anda dan selalu lihat apa yang di bawah kayu saat anda memotong.

Bekas Potongan (Tearout)

Anda mungkin telah memperhatikan ketika memotong kayu ada yang bagian tepi compang-camping untuk potongan Anda, hal ini disebut tearout. Tearout adalah tepi potongan yang compang-camping setelah memotong kayu, ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi dan untungnya ada beberapa cara untuk mencegahnya.

Tearout terjadi hanya pada satu sisi benda kerja Anda, sisi mana pisau keluar pada saat memotong, untuk gergaji melingkar hal ini akan terjadi pada sisi kayu Anda yang menghadap ke atas pada saat Anda memotong. Pertimbangkan membalik kayu Anda untuk menunjukkan yang rapi sisi menghadap ke bawah dan jelek sisi  yang jelek menghadap ke atas, dengan cara itu setiap tearout akan berada di sisi kurang bagus kayu Anda.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah tearout: menggunakan papan pengorbanan (zero clearane), membuat scoring cut, dan memperlambat laju pemotongan Anda / menggunakan pisau yang berbeda.

Papan Pengorbanan (Zero Clearance)

Cara terbaik untuk menghindari tearout adalah dengan menggunakan papan pengorbanan untuk mendukung kayu sementara pisau keluar dipotong, papan yang dikurbankan ini disebut (zero clearance) – artinya tidak ada jarak antara benda kerja dan papan pengorbanan yang berbatasan kayu Anda . Papan korban ini mendukung serat kayu sebagai alat keluar pekerjaan Anda dan memungkinkan potongan anda menjadi bersih.

Scoring Cut

Metode lain untuk mencegah tearout adalah untuk membuat potongan dangkal di sepanjang garis potong Anda untuk membuat alur pada kayu. Potongan dangkal ini biasanya tidak menimbulkan tearout apapun dan akan mencegah pemotongan selanjutnya menciptakan tearout pada permukaan pekerjaan Anda.

Piring gergaji dapat diangkat dan diturunkan untuk mengekspos lebih atau kurang dari pisau. Ketinggian pelat dapat disesuaikan dengan melepaskan tuas ketegangan di bagian belakang gergaji dekat pisau dan menarik piring ke bawah. Untuk membuat scoring memotong piring hanya harus mengekspos 1/16 “ke 1/8” (2-4mm).

Umpan Rate + Pisau

Tearout juga dapat disebabkan oleh jenis pisau yang Anda gunakan. Sebuah pisau bergigi besar akan memiliki lebih sedikit gigi akan memotong kayu lebih cepat dan agresif. Namun dapat meninggalkan tearout dari pemotongan terlalu cepat. Beralih ke pisau yang memiliki gigi lebih banyak, memotong akan menjadi kurang agresif, dan memotong lebih lambat, tapi hal itu akan mengurangi tearout. Memperlambat laju putaran (seberapa cepat Anda memotong melalui kayu) juga dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Sekarang Anda tahu bagaimana membuat potongan lurus dengan lebih baik mari kita menempatkan ini ke dalam tindakan dan menerapkan teori.

Untuk menerapkan teori tersebut mari kita lanjutkan dengan Sebuah Proyek sederhana berikut ini…

memotong lurus – memotong lurus – memotong lurus – memotong lurus – memotong lurus – memotong lurus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X